Profil Jurusan PBSI UIN Jakarta

Agustus 13, 2017
*Dari kiri Dr. Makyun Subuki, M.Hum., Dra.Mahmudah Fitriyah, M.Pd., Novi Diah Haryanti, M.Hum., Dr. Elvi Susanti, M.Pd., Rosida Erowati, M.Hum., Dr. Nuryani, M.A., Dr. Hindun, M.Pd.


LEGALITAS
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki legalitas operasional yang didasarkan atas SK Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/47A/2001 tanggal 20 Maret 2001. Akan tetapi, meskipun telah memiliki izin sejak Maret 2001, dengan mempertimbangkan ketersediaan SDM, tahun pembukaan dan penyelenggaraan program studi ini baru dimulai pada tahun 2006. Pada tahun 2010, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memperoleh akreditasi dari BAN PT dengan Nomor SK 024/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010. Pada tahun 2014, akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diperbaharui dan diperbaiki melalui SK BANPT bernomor 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014.

VISI
“Menjadi pusat kajian pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berwawasan keislaman, kemanusiaan, dan keindonesiaan dalam pengembangan bahasa dan sastra Indonesia pada tahun 2017.”
MISI
Menyelengggarakan pendidikan dalam rangka menyiapkan calon pendidik bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.
Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan karya dan temuan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memperkuat dan mengembangkan keilmuan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis pada nilai-nilai keislaman, keindonesiaan,dan kemanusiaan.
TUJUAN
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bertujuan menghasilkan calon pendidik yang Islami dan memiliki kompetensi utama adalah sebagai berikut.
Kompetensi Pedagogik: Menguasai karakteristik peserta didik, teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
Kompetensi Kepribadian: memiliki etos kerja yang tinggi dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru;
Kompetensi Sosial: Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif;
Kompetensi Profesional: Menguasai keilmuan bahasa dan kesusastraan, mengembangkan materi secara kreatif, dan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.
LAYANAN MAHASISWA
Layanan yang diberikan kepada mahasiswa meliputi hal berikut. Bimbingan Akademik Pengembangan minat dan bakat (ekstrakurikuler) melalui:
a. tingkat universitas, unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan atau Dewan Mahasiswa Universitas (DemaU);
b. tingkat fakultas, Pojok Seni Tarbiyah (8 group band, 1 group karawitan, 1 group paduan suara, 1 group marawis, 1 group nasyid, 1 lingkar diskusi sastra dan 1 group tari tradisional) dan Dewan Mahasiswa FITK; dan
c. tingkat jurusan atau program studi, Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan PBSI. Pembinaan soft skills, dengan menyediakan laboratorium, melakukan pembimbingan dan pendampingan, mengadakan pelatihan dan kuliah umum kebahasaan dan kesusastraan, melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, dan mengirim mahasiswa keberbagai even nasional. Beasiswa, berasal dari berbagai lembaga dan perusahaan, antara lain Beasiswa Pureland, Beasiswa Kemenag, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Gudang Garam, Beasiswa Aktifis, Beasiswa Alumni, Beasiswa Orbit Republika, dan Beasiswa Bazis DKI. Layanan kesehatan gratis dari Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

TENAGA PENGAJAR
Ketua Jurusan
Dr. Makyun Subuki, M.Hum.
(Doktor Linguistik, Universitas Indonesia, Depok)
Sekretaris Jurusan
Toto Edidarmo, M.A.
(Magister Bahasa dan Sastra Arab , UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Tenaga Pengajar
Dra. Mahmudah Fitriyah, M.Pd.
(Magister Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Jakarta)
Rosida Erowati, M.Hum.
(Magister Ilmu Susastra, Universitas Indonesia, Depok)
Dr. Elvi Susanti, M.Pd.
(Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Dr. Hindun, M.Pd.
(Doktor Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Jakarta)
Dr. Nuryani, M.A.
(Doktor Linguistik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta)
Novi Diah Haryanti, M.Hum.
(Magister Ilmu Susastra, Universitas Indonesia, Depok)
Nur Syamsiyah, M.Pd.
(Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Dona Aji Karunia Putra, M.A.
(Magister Linguistik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta)
Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar